Siapa sih Fuaad Achmad?

Kamis, 12 Juli 2012

Ini Lho Cara Mudah Mencegah Stroke

Jumlah pasien stroke meningkat setiap tahun karena gaya hidup masyarakat pada masa kini cenderung kurang mempedulikan sisi kesehatan.
“Untuk itu, mulai saat ini masyarakat wajib memperbaiki gaya hidupnya dengan mengonsumsi makanan minuman yang sehat,” kata ahli saraf dari Universitas Airlangga Surabaya, dr M Saiful Islam, SpS(K), di Surabaya, Senin.
Menurut dia, di Indonesia stroke merupakan penyebab kematian tertinggi untuk kategori penyakit tidak menular. Di Rumah Sakit Umum Dr Soetomo Surabaya, antara tahun 1990-2000-an ada sebanyak 750 orang per tahun yang berobat. Lalu, tahun 2001-2010 meningkat menjadi 1.000 pasien per tahun.
“Namun, sejak tahun 2011 jumlahnya meningkat jadi 1.600 per tahun,” ujarnya.
Oleh karena itu, jelas dia, masyarakat dapat mencegah stroke dengan berperilaku sehat yakni dengan tidak merokok, tidak minum alkohol, dan mengurangi konsumsi makanan berlemak dengan memperbanyak makan sayur dan buah.
“Perilaku sehat adalah cara mencegah penyakit stroke yang mudah dan murah,” katanya.
Ia optimistis, dengan menerapkan gaya hidup sehat masyarakat Indonesia dapat terhindar dari stroke. Bahkan, penyakit lain seperti kolesterol, diabetes, dan darah tinggi.
“Tapi, bagi mereka yang memiliki tiga penyakit tersebut maka segera perlu ke dokter karena hal tersebut merupakan indikasi terkena stroke,” katanya.


Tips Menghindari Penyakit Stroke

Penyakit Stroke akhir akhir ini tidak saja dialami oleh orang yang menginjak usia tua, beberapa diantara kita yang masih berusia 30 tahunan pun bisa mengalami stroke ringan, gejala ini disebabkan oleh gaya hidup dan pola hidup yang tidak sehat yang selama ini kita lakukan. Memiliki penyakit stroke di usia produktif sangatlah menganggu dan menghambat bahkan membuat kita menjadi pengangguran. Nah bagi anda anda yang ingin mengalami atau terkena penyakit stroke dibawah ini ada beberapa tips yang bisa dihindari agar.

· Periksa tekanan darah secara rutin
Riset menunjukkan bahwa rajin mengontrol tekanan darah dapat mengurangi 40% resiko stroke.
· Singkirkan tembakau
Hasil studi memperlihatkan bahwa menjauhi tembakau seperti halnya rokok, mengurangi resiko stroke sampai 33%,
· Periksa Leher
Mintalah pada dokter untuk mendengarkan bunyi mendesing di leher. Ini penting jika anda mengalami aterosklerosisi atau pengerasan dan penebalan pembuluh darah yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah.
· Olahraga
Riset menunjukkan bahwa mereka yang mulai latihan pada usia 25-40 tahun, resiko terserang stroke berkurang 57%. Sedangkan yang mulai latihan pada usia 40-55 tahun, kesempatannya hanya 37% lebih baik untuk terhindar dari stroke.
· Konsumsi sayur dan buah
Asal hijau atau orange, santap saja! Terlalu dini menyebut betakaroten dapat mencegah stroke. Tapi mengkonsumsi sayuran berwarna hijau dan buah-buahan setiap hari sangat baik.
· Konsumsi potassium
Riset menegaskan bahwa mengkonsumsi makanan kaya potassium sehari-hari dapat mengurangi resiko 40%. Kentang adalah sumber potassium yang baik, selain alpukat, kedelai, pisang, salmon dan tomat.
· Aspirin
Aspirin sering disebut memnbantu mencegah stroke.
· Kurangi Lemak
Apa yang baik bagi jantung anda, baik pula bagi otak anda. Menjaga kadar kolesterol berarti menghambat aterosklerosi dan stroke. Makanlah lemak tidak lebih dari 25% kebutuhan halori.
· Jauhi Alkohol
Memang ada penelitian yang menyebutkan bahwa dalam jumlah tertentu, alcohol bisa mencegah stroke dan serangan jantung, tapi akan lebih baik kalau anda tidak meneguk alcohol karena tidak pernah jelas ukuran minum.

Demikian tips mencegah dan menghindari stroke agar bisa menjadi pertimbangan anda untuk menjalani pola hidup yang sehat dan manfaatnya dapat kita rasakan hingga usia senja nanti. Kurang lebihnya saya menghaturkan terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar